PROGRAM MOS SMK PERTIWI CILIMUS KUNINGAN_2010

KATA PENGANTAR

Puji  serta syukur selayaknya kita panjatkan kehadirat Illahi Robbi, karena atas perkenan dan petunjuknya, kami dapat menyusun rencana kegiatan baru Masa Orientasi Siswa SMK BM PERTIWI Cilimus tahun ajaran 2010-2011, dan Insya Allah kegiatan  Masa Orientasi Siswa(MOS) dan Masa Orientasi Keekstraan (MOK) akan kami laksanakan mulai tanggal 12 s.d 17 Juli 2010.

Program kegiatan yang kami selenggarakan ini adalah upaya untuk memperkenalkan lingkungan dan sistem belajar yang di selenggarakan oleh SMK BM Pertiwi secara Khusus dan Sekolah Kejuruan secara Umum. Kegiatan Orientasi siswa ini kami upayakan dengan cara yang menyenangkan dan menimbulkan kesan positif terhadap lingkungan baru sehingga dapat menumbuhkan rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap sekolah.

Untuk terselenggaranya kegiatan MOS & MOK ini maka disusunlah Panduan kegiatan Masa Orientasi Siswa  SMK Pertiwi Cilimus Tahun 2009, dimana panduan ini berisikan hal-hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan program MOS diataranya meliputi tujuan, landasan pemikiran  dan ruang lingkup materi dan program MOK yang meliputi pengenalan kegiatan Ekstra Seni, PMR, Pramuka, dan Olah Raga.

Akhirnya, kami sangat menaruh harapan besar kegiatan Masa Orientasi Siswa dan Masa Orientasi Keekstraan  ini dapat berjalan dengan lancar, serta menghasilkan bekal yang tepat dan efektif bagi siswa-siswi baru

BAB I

PENDAHULUAN

A.        Latar Belakang

Pendidikan adalah suatu proses yang berlangsung seumur hidup. Di lingkungan pendidikan formal (sekolah), dikenal adanya jenjang pendidikan Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Pendidikan Tinggi.

Tiap-tiap pendidikan memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan jenjang pendidikan lainnya. Kekhususan ini dibutuhkan, karena cara penyampaian materi pendidik perlu disesuaikan dengan tingkat perkembangan kemampuan men­tal psikologis anak didik. Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mereka menerima pelajaran dari guru mata pelajaran yang berbeda.

Adanya ciri khusus pada tiap jenjang pendidikan, menyebabkan beberapa kebiasaan belajar yang dikembangkan di jenjang sebelumnya perlu ditinggalkan dan diganti dengan belajar yang baru yang sesuai dengan tingkat perkembangan kemampuan mental psikologis anak didik. Untuk mengantar seorang anak memasuki jenjang itu diusahakan agar hari-hari pertama masuk sekolah adalah pengalaman yang menyenangkan bagi siswa.

1

Di SMK, selisih usia siswa kelas sepuluh dan kelas sebelas atau kelas dua belas tidak lagi terasa sangat berbeda dengan selisih usia siswa SMP kelas tujuh, kelas delapan atau kelas sembilan , pergaulan antar siswa dengan tingkat kelas yang berbeda lebih sering terjadi di SMP/MTs/SMA/MA/SMK. Karena itu diusahakan agar sejak hari-hari pertama bersekolah para siswa baru sudah mulai berkenalan dengan teman-teman kelasnya.

Para siswa diharapkan dapat belajar bersama dengan siswa lainnya sehingga dalam MOS & MOK  para siswa baru dimotivasi untuk melakukan kegiatan diskusi dengan rekan-rekannya.

B.     Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Rl Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Undang-Undang Rl Nomor 32 Tahun 2003 tentang Sistem Pemerintahan Daerah.
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah dan Kewenangan Provinsi sebagai daerah otonom.
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.
  5. Keputusan Mendiknas Nomor 125/U/2002 tentang Kalender Pendidikan dan Jumlah Belajar Efektif Sekolah.
  6. Surat Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 5181/C/MN/1998 tanggal 12 juni 1998 perihal kegiatan hari-hari pertama siswa baru SLTP/SLTA.
2

C.     Sasaran

Sasaran MOS & MOK siswa baru/kelas sepuluh dengan mengikutsertakan siswa kelas XI, XII, para pendidik dan tenaga kependidikan serta Komite Sekolah.

D.     Tujuan

  1. Tujuan Umum

Pada dasarnya kegiatan MOS & MOK  bertujuan memberikan kesan yang positif dan menyenangkan kepada siswa baru tentang lingkungan sekolahnya yang baru. Mereka diharapkan mengawali kegiatan pendidikan dengan hal-hal yang menggembirakan sambil mengenal dan mempelajari sesuatu yang baru, baik yang berkaitan dengan lingkungan fisik, lingkungan sosial (termasuk norma-norma khusus yang berlaku di lingkungan sekolah barunya sistem pembelajaran berbeda).

2.  Tujuan Khusus

Secara lebih khusus MOS & MOK bertujuan:

  1. Membantu siswa mengenal lebih dekat dengan lingkungan pendidikan di sekolah yang baru, sehingga te-cipta suasana edukatif yang kondusif.
  2. 3

    Mendorong siswa untuk bersikap proaktif dalam mengenali para pendidik, tenaga kependidikan dan kakak kelasnya, sehingga merasa lebih nyaman berada bersama mereka.

  3. Membantu siswa baru/ kelas X agar mampu beradaptasi dan menyatu dengan warga sekolah, lingkungan sekolah, mengetahui hak dan kewajiban serta mampu bertanggungjawab dalam kehidupan sekolah.
  4. Memahami kehidupan sekolah dalam rangka pelaksanaan Wawasan Wiyatamandala, sehingga fungsi seko­lah, pendidik dan tenaga kependidikan dapat dipahami dan dimengerti tugas pokok dan fungsi seluruh perangkat sekolah.
4

BAB II

PROGRAM KEGIATAN

A.     Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan MOS & MOK

Penyelenggaraan MOS ini berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. Penyelenggaraan MOS & MOK berlangsung selama enam hari , berisi penghangat suasana (ice breaking), membawa wawasan dan pendidikan demokrasi.
  2. Pelaksanaan MOS & MOK harus berdasarkan prinsip mudah, murah, menyenangkan, masal dan meriah. Karena itu kegiatan-kegiatan MOS & MOK perlu disesuaikan dengan kondisi sekolah yang bersangkutan.
  3. Tidak dibenarkan mengadakan pungutan biaya ekstra untuk menambah peralatan khusus dan membebani siswa. Biaya pelaksanaan MOS & MOK dibebankan pada Anggaran dan Belanja Sekolah (APBS) serta anggaran lain yang tidak mengikat.
  4. Penyelenggaraan MOS & MOK bersifat fleksibel (luwes), dapat memilih beberapa acara yang tercantum dalam juklak ini, acara yang dipilih hendaknya disesuaikan dengan kondisi sekolah yang bersangkutan. Harus diperhatikan bahwa daftar kegiatan yang dicantumkan dalam lampiran adalah alternatif kegiatan, bukan kegiatan wajib yang harus dilakukan sepenuhnya, bahkan diperbolehkan untuk mengembangkan kegiatan ini selama acara tersebut mendukung tercapainya tujuan MOS & MOK.
  5. 5

    Pelaksanaan MOS & MOK harus melibatkan secara aktif semua unsur pendidikan antara lain: Kepala Sekolah, Komite Sekolah, para pendidik dan tenaga kependidikan serta, siswa lama (kelas XI & XII) karena kegiatan MOS & MOK merupakan bagian dari hari efektif belajar, maka pelaksanaannya diatur oleh Kepala Sekolah dan tidak meliburkan kelas XI & XII.

  6. Kegiatan MOS & MOK dapat berlangsung secara terpusat, dalam satu ruangan atau terpencar. Yang dimaksud kegiatan terpusat adalah kegiatan yang diikuti sekaligus oleh seluruh siswa baru dan dan siswa lama di bawah pimpinan seorang fasilitator. Sebaliknya acara terpencar adalah acara yang berlangsung dalam kelompok-kelompok. Setiap kelompok dipimpin oleh seorang fasilitator/guru pembimbing yang berbeda. Yang dimaksud fasilitator adalah seseorang yang mengendalikan jalannya acara. Fasilitator ini biasanya Kepala Sekolah atau Guru Pembimbing dan dibantu oleh siswa senior. Pembentukan kelompok tidak berdasarkan kelas-kelas yang telah dibentuk. Jumlah anggota kelompok dapat disesuaikan dengan jumlah siswa (20-25 orang).
  7. Untuk memperlancar pelaksanaan kegiatan yang bersifat terpencar, dapat dibentuk sejumlah sub kelompok yang terdiri dari gabungan siswa lama, siswa baru, dan guru. Jumlah sub kelompok dibatasi antara 5-10 orang dan didampingi oleh satu orang guru pendamping.
  8. 6

    Penyampaian materi MOS & MOK diharapkan menggunakan metode yang dapat mengembangkan kreativitas siswa dan tidak mengarah pada perpeloncoan dalam bentuk apa pun serta tidak perlu diberikan sertifikat.

  9. Penyelenggaraan acara tradisi sekolah yang biasa dilakukan dalam pelaksanaan penerimaam siswa baru harus dipisahkan secara signifikan dari kegiatan MOS & MOK dan dilaksanakan setelah pelaksanaan MOS & MOK

B.      Langkah-Langkah Pelaksanaan MOS & MOK

1.   Pembentukan Panitia

Susunan Panitia :

Penasehat                    : Ir. Pepen Kurniawan

Penanggung Jawab     : Iim Rohmana M.Pd.

Ketua                             : Didi Supriadi, S.Pd.

Sekretaris                     : Eli Nuraliyana S.Pd

Bendahara                    : Maya Evawati.

Instruktur                        :

  • Ir pepen Kurniawan (Wawasan Wiyatamandala)
  • Iim Rohmana, M.Pd (Kurikulum SMK)
  • Didi Supriadi, S.pd. (Keorganisasian)
  • Nur Nuraeni, S.Pd. (Pengenalan Program Kejuruan)
  • Eli Nuraliyana, S.Pd. (Narkoba)
  • Iwan Anurdin, SE. (Pengenalan Unit Produksi)
  • Iin Mutmainah, S.Pd. (Akhlakul Karimah)
  • Chinta Rahayu, S.Pd.(Tim Building)
  • Embun Burhanudin, S.Pd. (Pengenalan Ekstra Seni) & PMR
  • Lina Ruslulianawati, S.Pd.I (Pengenalan Ekstra Pramuka)
  • Yeti Suprihatiningsih, S.Pd.I (Pengenalan Ekstra Olah Raga)
7
  1. 2. Jadwal MOS & MOK

Hari/ Tanggal Waktu Materi Kelompok Keterangan
A B C
Senin,

12 Juli 2010

07.00-08.00

08.00-09.00

09.00-10.00

10.00-10.30

10.30-11.30

11.30-12.30

12.30-13.30

Upacara Pembukaan

W.Wiyatamandala

Keorganisasian

Istirahat

Kurikulum SMK

Sholat berjamaah

Tim Building

Upacara Pembukaan

Kurikulum SMK

W.Wiyatamandala

Istirahat

Keorganisasian

Sholat berjamaah

Tim Building

Upacara Pembukaan

Keorganisasian

Kurikulum SMK

Istirahat

W.Wiyatamandala

Sholat berjamaah

Tim Building

Selasa,

13 Juli 2010

07.00-08.00

08.00-09.00

09.00-10.00

10.00-10.30

10.30-11.30

11.30-12.30

12.30-13.30

Apel Pagi

P.P.Kejuruan

Pengenalan UP

Istirahat

NARKOBA

Sholat berjamaah

Akhlakul Karimah

Apel Pagi

Pengenalan UP

NARKOBA

Istirahat

P.P.Kejuruan

Sholat berjamaah

Akhlakul Karimah

Apel Pagi

NARKOBA

P.P. Kejuruan

Istirahat

Pengenalan UP

Sholat berjamaah

Akhlakul Karimah

Rabu,

14 Juli 2010

07.00-08.00

08.00-09.00

09.00-10.00

10.00-10.30

10.30-11.30

11.30-12.30

12.30-13.30

Apel Pagi

P.P.Kejuruan

P.UP

Istirahat

NARKOBA

Sholat berjamaah

Upacara Penutupan

Apel Pagi

P.UP

NARKOBA

Istirahat

P.P.Kejuruan

Sholat berjamaah

Upacara Penutupan

Apel Pagi

NARKOBA

P.P. Kejuruan

Istirahat

P.UP

Sholat berjamaah

Upacara Penutupan

Kamis,

15 Juli 2010

07.00-13.00 Pengenalan Estra Seni & Drum Band Pengenalan Estra Seni & Drum Band Pengenalan Estra Seni & Drum Band
Jum’at,

16 Juli 2010

07.00-11.00 Pengenalan Ekstra Pramuka Pengenalan Ekstra Pramuka Pengenalan Ekstra Pramuka
Sabtu,

17 Juli 2010

07.00-13.00 Pengenalan Ekstra Olah Raga Pengenalan Ekstra Olah Raga Pengenalan Ekstra Olah Raga
Mengetahui,

Kepala Sekolah

Ir. Pepen Kurniawan

Cilimus, 12 Juli 2010

Ketua Panitia

Didi Supriadi S.Pd

Nip. 19730720 200801 1 005

8

BAB III

PENUTUP

Petunjuk pelaksanaan Masa Orientasi Siswa (MOS) dan Masa Orientasi Keekstraan (MOK) ini merupakan upaya agar lebih memudahkan penyelenggaraan Masa Orientasi Siswa (MOS) dan Masa Orientasi Keekstraan (MOK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK Pertiwi Cilimus. Petunjuk pelaksanaan ini akan lebih berarti apabila diikuti peran aktif dan kreatif Unsur Pendidik dan unsur lainnya serta dukungan orang tua, masyarakat dan pemerintah setempat.

Mudah-mudahan dengan terselenggaranya MOS & MOK dapat membantu sekolah meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai awal pembinaan siswa memasuki dunia pendidikan yang baru di masa depan.

9

PROGRAM MOS DAN MOK

TAHUN AJARAN 2010-2011

YAYASAN PENDIDIKAN BHAKTI PERTIWI KUNINGAN

SMK PERTIWI CILIMUS

Jalan Bandorasawetan No. 25 Kecamatan Cilimus Telp. (0232) 613443

KUNINGAN

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s