TESIS PENGARUH PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAGER PADA SMK NEGERI SE KABUPATEN KUNINGAN

PENGARUH PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER TERHADAP EFEKTIVITAS SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI KABUPATEN KUNINGAN

TESIS

Ditulis untuk memenuhi persyaratan dalam menempuh gelar

Magister Pendidikan

Disusun oleh

IIM ROHMANA

NIM : 20081360010

PROGRAM PASCA SARJANA

PENDIDIKAN EKONOMI

UNIVERSITAS KUNINGAN

ABSTRACTION

The name of  reseacher Iim Rohmana Nim 20081360010 The Advisor 1 DR.H.Eeng Ahman MS The advisor II Drs.Iskandar MM.By the title of reseach”The Influence of the headmasters role es manager towards to the Effectiveness of the state vocational scool Kuningan the title explains that the most developed science an techenologi developmen insists of the educational foundation to compete and fulfil the societies wishes govermen and developing of era.

The research is mentioned to analyze the influince of the headmasters role as manager towards to the effectiveness of the stste vocational school Kuningan.

The population of this reseach is the whole of the teachers of the stste vocational Kuningan. The are 349 members,the sample of this reseach is 20% of population or 77 teachers its the termined randomizing system spreding in all scholls. The instrumen of this reserch uses questioners,the evaluation of instrument validity uses the corlenational analysis of product moment pearsend,the instrumen reliability uses cronbachs Alpha test,the result of the test indicates the instrument is called as valid and realyble. The reseach is taken by using explanatory survey method to describe the two free variables ( interpersonal role informational role and making decisions role ) and a bound variable is the effectiveness of school the path analysis is used for this data analysis technic.

The result of the analysis based on the tes is known that interpersonal role effects significantly towards the Effectiveness of the schools directly is 11,2% and direct influence is 19,59%. Informational role insfluences the effectiveness of hte schools directly and signivicantly,that is 32% and influences indirectly 12,32%. The rol of making decisions influences signivicently to the effectiveness of the school directly 7,5% and influences indirectly 15,72% and the role of the interpersonal,informational and making decision of the headmasters influnce significently to the effevectiness of the school directly 57,7% and another unreachable 42,3%.

From the result of the reseach,it can be concluded that there is the positive and signivicant influence of the interpersonal role of the headmasters towards to the effectiness of the scools,the positive signivicant influence of the informational role of the headmasters towards to the effectiveness of the school and the positive and signivicant role of making decision of headmasters towards to the effectiveness of the schools and the positive and signivicant of interpersonal role,informational and making decisions of the headmasters together to the effectiveness of the school in the state vocational school Kuningan,from the result above says one of the methods to increase the effectiveness of the schools. As the headmasters must be able to undertake the roles,they are interpersonal,informational and making decisions optimally.

ABSTRAK

Nama Peneliti Iim Rohmana  NIM 20081360010, Pembimbing I DR. H.Eeng Ahman, M.S. Pembimbing II Drs. Iskandar, M.M. Dengan judul penelitian  Pengaruh Peranan Kepala Sekolah Sebagar Manajer Terhadap Efektivitas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Kabupaten Kuningan. Judul tersebut dengan pandangan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat menuntut lembaga penyelenggara pendidikan untuk mampu bersaing dan memenuhi harapan masyarakat, pemerintah dan perkembangan zaman.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Peranan Kepala Sekolah Sebagai Manajer Terhadap Efektivitas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Kabupaien Kuningan.

Populasi penelitian ini adalah seluruh guru pada SMK Negeri Kabupaten Kuningan yang berjumtah 349 orang. Sampel penelilian terdiri dari 20% dari populasi (77 orang guru) ditentukan secara random rnenyebar pada sefuruh sekolah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Pengujian validiias instrumen dilakukan dengan analisis Korelasi Product Moment Pearson. Reliabiliias instrumen menggunakan uji Cronbach’s Alpha. Hasil uji coba menunjukkan bahwa instrumen dinyalakan valid dan reliabel. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metoda explanatory survey untuk mendiskripsikan kedua variabel bebas (peran interpersonal, peran informasional dan peran pembuatan keputusan) dan variabel terikat efektivitas sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah Path Analysis.

Hasil analisis berdasarkan pengujian diketahui bahwa peran interpersonal berpengaruh secara signifikan terhadap efektivitas sekolah sacara langsung sebesar 11,2% dan pengaruh tidak langsungnya 19,59 %. Peran informasional berpengaruh secara signifikan terhadap efektivitas sekolah sacara langsung sebesar 32% dan pengaruh tidak langsungnya 12,32 %. peran pembuatan keputusan berpengaruh secara signifikan terhadap efektivitas sekolah sacara langsung sebesar 7,5% dan pengaruh tidak langsungnya 15,72 %. Dan peran interpersonal, informasional serta pembuatan keputusan kepala sSekolah berpengaruh secara signifikan terhadap efektivitas sekolah sacara langsung sebesar 57,7% dengan pengaruh lain yang tidak di teliti 42,3%.

Dari hasil penelilian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan peran interpersonal kepala sekolah terhadap efektivitas sekolah, terdapat pengaruh positif dan signifikan peran informasional kepala sekolah terhadap efektivitas sekolah, dan terdapat pengaruh positif, signifikan peran pembuatan keputusan kepala sekolah terhadap efektivitas sekolah, dan terdapat pengaruh positif dan signifikan peran interpersonal, informasional, dan pembuatan keputusan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap efektivitas sekolah pada SMK Negeri Kabupaten Kunmgan, Dari hasil lersebut berarti salah satu cara untuk menigkatkan efektivitas sekolah, kepala sekolah harus mampu menjalankan peran interpersonal, informasional, dan pembuatan keputusan secara optimal.

KATA PENGANTAR

Syukur Alhamdulillah senantiasa penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas karunia, nikmat, dan hidayah-Nya penulis diberi kesempatan untuk menyelesaikan proposal tesis yang  berjudul (Pengaruh Peran Kepala Sekolah Sebagai Manager Terhadap Efektivitas Sekolah Menengah Kejuaruan Negeri (SMKN) Kabupaten Kuningan). Pembuatan tesis ini ditujukan sebagai syarat untuk memperoleh gelar Magister Pendidikan Program Studi Pendidikan Ekonomi Program Pasca Sarjana Universitas Kuningan

Dalam penulisan tesis ini masih banyak kekurangan karena keterbataan literatur dan pengetahuan penulis khususnya  yang berkaitan dengan materi tesis, atas dasar itulah dengan segala kerendahan hati sangat membuka diri untuk menerima saran, pendapat, bimbingan bahkan kritik dari semua pihak  demi perbaikan dalam proses selanjutnya. Akhirnya penulis berharap semoga tesis ini bermanfaat khususnya bagi penulis umumnya bagi semua pembaca.

Kuningan,  Juni 2009

Penulis,

IIM ROHMANA

DAFTAR ISI

Halamani

LEMBAR PENGESAHAN …………………………………………………………………            i

PERNYATAN PENULIS…………………………………………………………………….            ii

ABSTRAK ………………………………………………………………………………………..           iii

KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………           v

DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………………..           vi

DAFTAR TABEL ………………………………………………………………………………           ix

DAFTAR GAMBAR ………………………………………………………………………….           x

BAB I       PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang Penelitian ………………………………………………..           1

1.2   Rumusan dan Identifikasi Masalah……………………………………..           5

1.3   Tujuan  Penelitian …………………………………………………………..           7

1.4   Kegunaan Penelitian………………………………………………………..           8

BAB II TINJAUAN PUSTAKA, KERANGKA PEMIKIRAN DAN HIPOTESIS

2.1      Tinjauan Pustaka…………………………………………………………….           9

2.1.1  Manajemen Sekolah………………………………………………           9

2.1.2 Hakekat Kepemimpinan Kepala Sekolah……………………         11

2.1.3 Kepala Sekolah Sebagai Manajer……………………………..         15

2.1.4 Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer………………..         19

A. Peranan Manajer…………………………………..         21              i.    Peran Hubungan Antar Pribadi (Interpersonal Role)……………………………………………. 21

ii.  Peran Yang berhubungan dengan Informasi ( Infor-

mational Role)…………………………………..         23

iii. Peran Pembuatan Keputusan (Decisional Role)……         27

B. Keterampilan Manajer………………………………         32

2.1.5  Efektivitas Sekolah…………………………………….         37

A. Penegertian………………………………………….         37

B. Efektivitas Pendidikan……………………………….         49

2.2   Kerangka Pemikiran……………………………………………………….         49

2.3   Hipotesis Penelitian…………………………………………………………         55

BAB III     METODE PENELITIAN

3.1   Objek Penelitian ……………………………………………………………         57

3.2   Metode Penelitian…………………………………………………………..         58

3.3  Desaimn Penelitian……………………………………………. 58

3.4. Populasi dan Sampel…………………………………………. 59

3.4.1  Populasi Penelitian  ……………………………………………….         59

3.4.2  Sampel Teknik Penarikan Sample…………………………….         60

3.5  variabel Penelitian dan Operasional Variabel …………………..         61

3.5.1 Variabel Penelitian  ……………………………………………….         62

3.5.2  Operasional Variabel Penelitian ……………………………….         63

3.6  Teknik Pengumpulan Data ………………………………….. 65

3.7  Metode Analisis…………………………………………………………….. 68

3.7.1 Analisis Validitas Alat Ukur Penelitian ……………………….         68

3.7.2 Analisis Reliabilitas Alat Ukur……………………………………         69

3.8  Teknis Analisis Data ………………………………………… 70

3.9  Lokasi dan Jadwal Penelitian ………………………………..          75

IV     HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1  Gambaran Umum Obyek Penelitian ………………………….. 76

4.1.1 Lokasi dan Keadaan SMK …………………………………… 76

4.1.2 Susunan Organisasi dan Tata Kerja SMK………………. 79

4.2  Deskripsi Data Hasil Penelitian ……………………………………………….. 81

4.2.1 Deskripsi Peran Interpersonal…………………………….. …… 81

4.2.2 Deskripsi Peran Informasional…………………………….. ……. 85

4.2.3 Deskripsi Peran Pembuatan Keputusan…………………. …… 89

4.2.1 Deskripsi Efektivitas Sekolah……………………………… ……. 93

4.3  Uji Instrumen …………………………………………………. 97

4.3.1 Uji Validitas ……………………………………………………….. …… 97

4.3.2 Uji Reliabilitas …………………………………………………….. ….. 103

4.4   Pengujian Persyaratan Analisis…………………………………….. 105

4.4.1  Uji Normalitas……………………………………………… 105

4.4.2  Uji Homogenitas……………………………………… 106

4.5  Analisis Data Hasi Penelitian (Uji Hipotesis)………………………… 108

4.6  Pembahasan Pengaruh Peran Kepala Seolah Sebagai Manajer

Terhadap Efektivitas Sekolah ……………………………………… 122

4.6.1 Pengaruh X.1 Terhadap Y …………………………….. 122

4.6.2 Pengaruh X.2 Terhadap Y …………………………….. 123

4.6.3 Pengaruh X.3 Terhadap Y …………………………….. 124

4.6.4 Pengaruh X.1, X.2 dan X.3 Terhadap Y ……………………. 126

4.7  Hasil Diskusi Temuan-Temuan Penulis ………………………… 128

BAB V      KESIMPULAN DAN SARAN

5.1  Kesimpulan ………………………………………………….. 131

5.2  Saran-saran ………………………………………………….. 132

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

DAFTAR TABEL

Halaman

TABEL    2.1   Perbedaan Leader dan Manajer………………………………………..           17

TABEL    3.2   SAMPEL ………………………………………………………………………         63

TABEL    3.3   Operasional Variabel Penelitian…………………………………………..         64

TABEL    4.1   Keadaan Guru Berdasarkan Usia dan Masa Kerja…………………         77

TABEL    4.2   Keadaan Guru Berdasarkan Status KepegawaianUsia dan

Golongan………………………………………………………………………..         77

TABEL    4.3   Keadaan Guru Berdasarkan Tingkat Pendidikan…………………….         78

TABEL    4.4   Presentase jawaban Responden Variabel X.1………………………..         83

TABEL    4.5   Presentase jawaban Responden Variabel X.1……………………              87

TABEL    4.6   Presentase jawaban Responden Variabel X.1……………………              90

TABEL    4.7   Presentase jawaban Responden Variabel Y………………………              94

TABEL    4.8   Hasil Uji Validitas X.1……………………………………………………            99

TABEL    4.9   Hasil Uji Validitas X.2…………………………………………………..           100

TABEL    4.10 Hasil Uji Validitas X.3……………………………………………………          101

TABEL    4.11 Hasil Uji Validitas Y………………………………………………………          102

TABEL    4.12 Hasil Uji Validitas Reliabilitas…………………………………………            104

TABEL    4.13 Uji Normalitas Peran Kepala Sekolah……………………………….          106

TABEL    4.14 Uji Homogenitas X1 Terhadap Y……………………………………..          106

TABEL    4.15 Uji Homogenitas  X2 Terhadap Y…………………………………….          107

TABEL    4.16 Uji Homogenitas X3 Terhadap Y……………………………………..          107

TABEL    4.17 Pengaruh X1, X2, dan X3 Terhadap Y………………………………         121

TABEL    4.18 Besarnya Pengaruh X1 Terhadap Y………………………………….          122

TABEL    4.19 Besarnya Pengaruh X2 Terhadap Y………………………………….          124

TABEL    4.20 Besarnya Pengaruh X3 Terhadap Y………………………………….          125

TABEL    4.21 Besarnya Pengaruh X1, X2, dan X3 Terhadap Y……………….           127


DAFTAR GAMBAR

…………………..                                                                                                            Halaman

GAMBAR     2.1   Peranan Manajer………………………………………………………..        32

GAMBAR     2.2   Model Proforsi Keterampilan Manajer……………………………        34

GAMBAR     2.3   Paradigma Kerangka Pemikiran…………………………………….         55

GAMBAR     3.1   Paradigma Penelitian……………………………………………………         59

GAMBAR     4.1   Sekema Susunan Organisasi SMK…………………………………         79

GAMBAR     4.2   Kedudukan Variabel X.1 dalam Kriterium……………………….         85

GAMBAR     4.3   Kedudukan Variabel X.2 dalam Kriterium……………………….         89

GAMBAR     4.4   Kedudukan Variabel X.3 dalam Kriterium……………………….         93

GAMBAR     4.5   Kedudukan Variabel Y dalam Kriterium………………………….         96

GAMBAR     4.6   Diagram Jalur…………………………………………………………….       108

GAMBAR     4.7   Koefesien Diagram Jalur………………………………………………       120

About these ads

2 responses to “TESIS PENGARUH PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAGER PADA SMK NEGERI SE KABUPATEN KUNINGAN

  1. selamat kenal yuk teman di soppeng sul-sel

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s